Dampak pemanasan global bagi lapisan ozon

 

Suatu hari anda menemani kaka anda berbelanja di suatu malam dengan berkendara mobil di siang hari yang terik. Mobil di parkir di tempat terbuka sehingga terpapar langsung oleh matahari. Setelah menghabiskan waktu 5 jam di mall menjelang jam 6 sore saat udara tidak lagi panas, anda menuju ke mobil. Ketika Anda memasuki mobil, anda merasakan udara di dalam mobil begitu hangat padahal di luar mobil terasa sejuk. Bagaimana bisa udara di dalam mobil terasah hangat sedangkan di luar mobil sejuk? Peristiwa ini kira-kira sama dengan fakta bahwa saat malam hari ketika sinar matahari sudah tidak ada, mengapa kita masih merasakan udara di sekitar tidak banyak berubah di bandingkan pada siang hari? Mungkin juga anda merasakan bahwa dari tahun ke tahun Udara terasa lebih panas. Hal itu memang benar, bumi kita dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan suhu yang mengkhawatirkan. 
Selain semakin panasnya cuaca di sekitar, anda juga memperhatikan pemberitaan di televisi tentang semakin banyaknya bencana alam dan fenomena alam yang cenderung tidak terkendali belakangan ini, mulai dari banjir, angin puting beliung, semburan gas, hingga curah hujan yang tidak menentu. Itu di sebabkan oleh bumi yang mengalami pemanasan global. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari materi pemanasan global dan penyebabnya apa saja. 

Ingin mempelajari tentang sejarah Indonesia baca selengkapnya:Pendudukan Jepang dan perjuangan Bangsa Indonesia untuk Merdeka



Daftar isi

Penipisan lapisan ozon

1. Lapisan Ozon
2. Lubang ozon
3. Penyebab Lapisan ozon menipis
4. Dampak Penipisan Lapisan ozon

Penipisan Lapisan Ozon


1.Lapisan Ozon



Mungkin kita pernah mendengar tentang atmosfer, yaitu suatu lapisan(selimut) udara yang mengitari bumi, yang membentang sampai ketinggian 400 km dari permukaan bumi. Atmosfer udara tetap pada tempatnya karena di tahan oleh gaya gravitasi bumi, sehingga lapisan udara yang dekat dengan permukaan bumi memiliki massa jenis gas yang lebih besar. 

Atmosfer bumi terbagi atas empat lapisan berbeda, yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer dan termosfer. Troposfer adalah lapisan yang paling dekat dengan permukaan bumi. Lapisan ini mengandung udara yang kita hirup untuk bernapas. Peristiwa-peristiwa seperti cuaca(angin, awan, atau hujan) terjadi di sini. Diatas ekuator ketebalannya mencapai 17 km. 

Stratosfer yang membentang 15 km sampai 50 km di atas permukaan bumi. Di sinilah pesawat jet terbang. Pada lapisan ini juga terdapat lapisan ozon. 

Apakah itu ozon? Ozon suatu lapisan oksigen yang tiap molekulnya terdiri dari tiga atom O. Oksigen biasa tiap molekulnya hanya terdiri atas dua atom O. Pada suhu dan tekanan normal ozon berbentuk gas biru. Ozon di temukan pertama kali oleh Christian Friedrich Schonbein padan tahun 1840. Ozon merupakan gas beracun sehingga apabila berada dekat permukaan tanah akan berbahaya karena dapat merusak paru-paru jika terhisap. Sebaliknya, lapisan Ozon di atmosfer melindungi kehidupan di bumi dari bahaya radiasi ultraviolet (sinar UV). 

Pengukuran menunjukan bahwa ozon sangat sedikit terdapat di atmosfer, yaitu kira-kira satu molekul per satu juta molekul dalam atmosfer bumi. Walaupun ozon yang terdapat dalam stratosfer berjumlah sangat kecil, keberadaannya sangat vital bagi keberlangsungan hidup mahkluk hidup di permukaan bumi. Tanpa ozon di stratosfer akan lebih banyak radiasi sinar UV sampai ke permukaan bumi. Radiasi sinar UV menyebabkan mutasi hampir semua organisme. Terhadap manusia, radiasi UV berlebihan dapat menyebabkan kanker kulit. Tanpa prisai dari lapisan ozon, di percaya kasus kanker kulit dapat meningkat dengan pesat. 


Ingin mempelajari tentang teks cerita sejarah dalam artikel bahasa Indonesia, baca selengkapnya:Memahami struktur, kaidah , menganalisis dan mengevaluasi teks cerita sejarah


2. Lubang Ozon



Lubang ozon yaitu suatu area ozon tipis pada lapisan ozon, yang terbentuk saat musim semi di Antartika dan berlanjut selama beberapa bulan sebelum menebal kembali. Pada pertengahan 1970,sebelum lubang ozon di temukan, sekelompok peneliti menyadari bahwa CFC yang stabil ini dapat menyebabkan kerusakan ozon dalam atmosfer. Seperti yang Anda ketahui bahwa CFC dapat berada di atmosfer selama 100 tahun tanpa mengalami kerusakan. Di lapisan ozon, oleh pengaruh radiasi UV matahari berenergi tinggi, molekul-molekul CFC terurai membebaskan atom-atom klorin. Atom-atom klorin yang di bebaskan beraksi dengan ozon, dan mengubah ozon menjadi oksigen biasa dan klorin terbentuk kembali. 

Mengapa lubang ozon terbentuk di Antartika pada musim semi? Selama masa kegelapan di mana tidak ada dinar matahari jatuh di Antartika, timbul awan-awan tinggi tersusun atas kristal-kristal es berukuran sangat kecil. Kristal-kristal es dalam awan-awan tinggi ini memberikan tempat molekul kimia. Ketika priode enam bulan kegelapan berakhir dengan datangnya musim semi di Antariksa, sinar matahari mulai menyinari awan-awan yang berisi molekul kimia yang sebelumnya berbentuk es batu. Kerusakan ozon berlangsung sangat cepat karena sejumlah besar ozon di musnahkan oleh atom-atom klorin pada waktu yang singkat. Ozon di musnahkan hanya dalam hitungan harian atau mingguan, sehingga lubang ozon pun terbentuk. 


Ingin mempelajari tentang manfaat ilmu kimia bagi kehidupan, baca selengkapnya:Manfaat dan peranan ilmu kimia bagi kelangsungan mahluk hidup


3. Penyebab menipisnya lapisan ozon


Telah di ketahui penyebab utama penipisan lapisan ozon adalah pelepasan gas CFC ke atmosfer. Beberapa penyebab lainnya sebagai berikut. 

A. Karbon monoksida sebagai gas buang hasil pembakaran bahan bakar fosil dari kendaraan bermotor juga dapat merusak lapisan ozon. Semakin hari jumlah kendaraan bermotor semakin banyak, yang berarti semakin besar volume gas buang karbon monoksida perusak ozon dilepas ke atmosfer. 

B. Gas karbondioksida yang di lepas ke atmosfer juga merusak lapisan ozon. Ini di sebabkan terlalu banyaknya penebangan liar yang membuat tumbuh-tumbuhan  di hutan yang menyerap karbon dioksida dan melepas oksigen menjadi mati dan rusak. 

C. Asap yang di hasilkan pabrik semakin memperparah kerusakan lapisan ozon. 

4.Dampak penipisan Lapisan ozon


Lapisan ozon berfungsi untuk menyerap sinar UV berenergi tinggi (Kira-kira 90℅) sehingga hanya 10℅ radiasi UV yang mencapai lapisan permukaan bumi. Apa akibatnya jika lapisan ozon menipis? Bagi manusia, lapisan ozon menipis berarti kulit dan mata akan terpapar radiasi UV lebih banyak. Hal itu dapat memicu meningkatkannya kanker kulit dan mata katarak. Selain itu radiasi UV juga menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga timbulnya beberapa penyakit yang berkaitan dengan kekebalan tubuh dan bisa memperpendek hidup manusia. 

Selain bagi manusia, lapisan ozon yang menipis akan berdampak buruk bagi tumbuh-tumbuhan akan merusak klorofil tumbuhan sehingga menyebabkan berkurangnya produksi bahan pangan. Plankton yang berada di dalam laut juga akan terancam mati sehingga ikan akan berkurang di karenakan Plankton merupakan rantai makanan dalam laut. Jika fitoplankton mati karena terpapar sinar UV maka kebutuhan oksigen di dunia akan berkurang di sebabkan fitoplankton merupakan penyumbang oksigen terbanyak sekitar 70%.

Ingin mempelajari materi biologi tentang manfaat ilmu biologi silahkan baca selengkapnya:Ruang lingkup Biologi bagi mahkluk hidup dan kehidupan 

Post a Comment

0 Comments