Perkembangan kolonialisme dan imperialisme bangsa barat-di Indonesia

Perkembangan Kolonialisme Dan Imperialisme Bangsa Barat-Di Indonesia

www.pendidikanbersama.com


Pendidikanbersama.com,Manusia diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa lengkap dengan akal dan pikiran yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

Mereka mampu menghasilkan pemikiran yang akan berguna untuk keberlangsungan hidup mereka. 

Hasil pemikiran Bangsa Barat(eropa) masuk dan berpengaruh terhadap dunia timur. 

Hal ini tidak dapat dilepaskan dari keadaan Eropa pada saat itu. Berakhirnya Perang Salib menyebabkan Kesultanan Turki Utsmani berkuasa atas laut Tengah dan wilayah sekitarnya. 

Ketika Turki berkuasa, kerajaan tersebut melakukan pelarangan untuk berdagang dengan Eropa. Padahal barang dagangan rempah-rempah yang sangat di perlukan bangsa Eropa hanya ditemui di pelabuhan sekitar Laut Tengah. 

Oleh karena itu, bangsa Eropa memutuskan melakukan pelayaran langsung ke dunia Timur guna mencari daerah sumber rempah-rempah. 

Tahukah anda, bagaimana kronologis pelayaran yang di lakukan oleh bangsa-bangsa Barat ke dunia timur? 



Peristiwa Di Eropa Yang Berpengaruh Bagi Dunia

Apakah yang Anda ketehaui tentang peristiwa yang terjadi di Eropa? Bagiamankah pengaruhnya terhadap bangsa Indonesia? Adanya kekalahan bangsa Barat dalam perang Salib menyebabkan Bangsa-Bangsa Barat melakukan pelayaran langsung ke dunia Timur guna mencari daerah penghasil rempah-rempah.

 Bangsa-Bangsa Eropa mencari kepualauan Indonesia karena pada awalnya Indonesia telah di kenal sebagai daerah penghasil rempah-rempah.

 Selain itu, keinginan tersebut juga di dukung oleh perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia

Berikut ini paham beberapa paham Bangsa-Bangsa Eropa. 


1.Merkantilisme

Pada abad ke-17, perhatian negara-negara Eropa tertuju pada penumpukan harta berupa logam mulia(emas dan perak). Negara yang memiliki timbunan logam emas dalam jumlah besar dianggap sebagai negara kaya. Negara yang selalu berpandangan bahwa kekuatan negara selalu diukur dari banyaknya emas yang dimiliki biasa disebut negara yang berpaham merkantilisme. 

Merkantilisme merupakan suatu kebijaksanaan dalam ekonomi untuk menyatukan dan meningkatkan kekayaan keuangan suatu negara atau suatu paham/politik ekonomi dengan tujuan untuk menambah logam mulia (emas dan perak) sebanyak mungkin dan berusaha untuk memperoleh neraca perdagangan aktif (ekspor lebih besar daripada impor). 


2.Kapitalisme

Menurut etimologi, kapitalisme berasal capital modal, yaitu segala sesuatu yang digunakan untuk memperoleh keuntungan. Pengertian kapitalisme adalah sistem dan paham ekonomi yang modalnya bersumber pada modal pribadi atau modal perusahaan swasta dengan ciri persaingan pada pasar bebas. Menurut kaum Marxis, kapitalisme merupakan suatu sistem pergaulan hidup timbul karena cara produknya memisahkan faktor tenaga dan fakor-faktor produksi. 

Kapitalisme pada awalnya muncul di Eropa pada abad pertengahan (middle age). Kapitalisme semakin berkembang setelah Inggris terjadi peristiwa revolusi Industri. Dengan munculnya revolusi Industri, Inggris membutuhkan capital atau modal yang cukup besar bagi perkembangan industrinya. Namun, capital yang di tanamkan pada sektor industri tersebut memberi keuntungan yang luar biasa pula. 

Kapitalisme di bedakan menjadi dua, yaitu:


A. Kapitalisme tua, cirinya antara lain sebagai berikut.

  • perkembangan kapitalisme atau modal sepenuhnya terjadi pada persaingan bebas.
  • hambatan terjadi berasal dari luar proses produksi, misalnya kegagalan panen, menjalarnya wabah penyakit. Peperangan, atau terjadi perpindahan jalur perdagangan.
  • barang produksi karena masyarakat memang membutuhkan.

B. Kapitalisme muda, cirinya sebagai berikut.

  • perkembangan capital atau modal terjadi karena adanya monopoli dagang dan ekspor modal. 
  • hambatan terjadi berasal dari faktor internal proses produksi. 
  • barang di buat dengan membaca peluang yang ada dalam masyarakat.



3. Imperialisme

Imperialisme merupakan istilah umum yang merujuk pada penjajahan dan penguasaan terhadap negara-negara kecil oleh pihak asing bagi kepentingan ekonomi dan politik. Imperialisme berkembang semenjak Revolusi Industri pada abad ke-19 saat negara-negara, seperti United Kingdom dan prancis memerlukan bahan mentah untuk kilang Industri mereka dan juga untuk produk mereka. 


Itulah paham bangsa Eropa yang membawa perubahan pada dunia. Paham tersebut yang menjadi dasar awal datangnya bangsa Eropa menjajah bangsa Indonesia. 

Semoga dalam artikel yang tertulis di atas menambah wawasan anda tentang sejarah perkembangan kolonialisme dan imperialisme bangsa Barat- di Indonesia. 


Baca juga:Penghasilan Blog dan Website Dari Raja Traffic-Pendidikanbersama.com


Baca juga: berhubungan intim -3 Rekomendasi Tempat Terbaik Berhubungan Intim

Baca juga:3 faktor eksternal menjadi pemicu penghianatan dalam percintaan


Baca juga: sejarah penemuan virus dan ilmuan pertama penemu virus-pendidikanbersama.com


Baca juga : Anak Di Bawah Umur Jika menginginkan PSK cantik harga murah


Baca juga: 7 jenis virus yang menyebabkan penyakit pada manusia (Cara penularan dan cara pencegahan) 


Post a Comment

0 Comments