Kerajinan Fungsi Hias-Bahan Limbah, Unsur-unsur, ragam hias dan teknik pembuatan

 

Kerajinan Fungsi Hias

Kerajinan merupakan sesuatu hal yang berkapasitas dengan barang yang di hasilkan melalui keterampilan atau kerajinan tangan. Kerajinan yang di buat biasanya terbuat dari berbagai bahan. 

Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda yang memiliki fungsi. Berbagai produk benda kerajinan yang di hasilkan tercipta dari bahan-bahan yang tidak terpakai seperti dari koran, kardus bekas, dan bahan-bahan limbah lainnya. 

Dengan sentuhan tangan yang penuh inovasi, bagian tersebut di sulap menjadi barang bernilai senin tinggi dan bermanfaat. Agar memahami berbagai produk hiasan dan cara pengemasan, mari kita simak materi artikel berikut ini. 


Kerajinan Fungsi Hias

"Apa yang di maksud dengan Kerajinan fungsi hias", Kerajinan fungsi hias adalah suatu produk atau barang yang memiliki fungsi hias, fungsi pakai atau keindahan sehingga memiliki nilai jual. 

Kerajinan yang memiliki kualitas tinggi tentu harganya akan mahal. 

Kerajinan Fungsi Hias adalah kerajinan yang mengutamakan keindahan tampa memperhatikan guna dari barang tersebut. 

Contoh kerajinan fungsi hias, yaitu kerajinan miniatur, patung dan lain-lain yang hanya menjadi kenikmatan bagi orang yang melihatnya. 



A. Produk Kerajinan Fungsi Hias Dari Bahan Limbah

Apa yang di maksud kerajinan dari bahan limbah, kerajinan dari bahan limbah adalah kegiatan menghasilkan produk atau barang melalui keterampilan tangan dengan bahan dasar berupa limbah. 

Contoh kerajinan fungsi hias dapat di buat dengan bentuk dan corak yang memanfaatkan bahan-bahan limbah, seperti cangkang telur, batok kelapa, dan kulit kerang. 


1) Kerajinan Dari Cangkang Telur

Kerajinan Fungsi Hias

Cangkang telur hewan dapat di jadikan produk kerajinan antara lain cangkang telur ayam bebek, hingga telur burung onta. Selain bisa menggambarkan kreativitas, juga mengurangi penumpukan sampah sehingga lingkungan tampak asri, karena pada umumnya cangkang telur di buang di tempat sampah karena di anggap tidak bernilai.


2) Kerajinan Dari Batok Kelapa

Kerajinan Fungsi Hias


Limbah batok kelapa jika di modifikasi dengan tali pandan dan pelepah pisang bisa menjadikan produk yang bernilai senin tinggi dan semakin banyak dinikmati oleh masyarakat wisawatan asing. 

Produk karya kerajinan batok kelapa di nilai sangat bermanfaat karena dapat meminimalisir resiko pemanasan global. Batok kelapa dapat diubah menjadi boneka hias, hiasan dinding, penghias bingkai poto dan sebagainya.


3) Kerajinan Dari Bahan Cangkang Kerang

Kerajinan Fungsi Hias


Kerang adalah produk laut yang banyak di konsumsi oleh masyarakat. Selain dagingnya cangkang kerang juga dapat di manfaatkan sebagai bahan baku utama pembuatan aneka kerajinan fungsi hias, misalnya lampion lampu dan windcem(hiasan kulit kerang untuk gantungan pintu) yang memiliki nilai jual cukup tinggi. 




B. Unsur estetika dan Unsur Ergonomis

Apa saja unsur yang perlu di ketahui dalam kerajinan tangan hias. Ada dua unsur yang perlu di perhatikan yaitu unsur estetika dan unsur ergonomis. 

Unsur estetika selalu bergantung pada sentuhan keindahan yang berhubungan dengan seni garis, bentuk, warna komposisi dan lain-lain dari benda berbahan baku limbah yang akan di buatnya. Contohnya dalam membuat kaligrafi dari limbah cangkang telur harus memperhatikan perpaduan bentuk, warna, serta komposisi agar kerajinan tersebut menarik di pandang mata. 

Unsur ergonomis merupakan unsur kerajinan yang mengutamakan kenyamanan. Terdapat tiga aspek yang harus di penuhi dalam suatu produk desain, yaitu aspek keamanan(safety), aspek kenyamanan (ergonomi), dan aspek keindahan (estetika). 



C. Motif Ragam Hias Pada Produk Kerajinan Bahan Limbah

Kerajinan bahan limbah Ragam hias merupakan karya seni rupa yang di ambil dari berbagai bentuk yang dapat di terapkan pada media dua dimensi dan tida dimensi. 

Motif ragam hias pada produk kerajinan bahan limbah yang umum di jumpai di bagi menjadi 4 bentuk ragam hias, yaitu sebagai berikut. 

  • Ragam hias flora, sebagai sumber objek motif ragam hias, misalnya cangkang telur atau karang di bentuk menjadi tanaman-tanaman tertentu sehingga bisa menjadi bentuk hiasan yang menarik.
  • Ragam hias fauna, dengan mengambil motif hewan tertentu yang telah mengalami penggayaan, misalnya pembuatan ikan hias dari bahan batok kelapa, burung dari cangkang kerang, kadal dari bahan cangkang telur, dan singa dari cangkang kerang. 
  • Ragam hias geometris di kembangkan dari berbagai wujud geometris yang di gunakan sesuai imajinasi pembuangan dan tergabung dalam satu motif ragam hias.
  • Ragam hias figuratif dengan pembuatan limbah batok kelapa yang di bentuk menjadi objek-objek tertentu, misalnya objek manusia yang pada proses awal pembuatan di lakukan dengan cara menggambar terlebih dahulu. 


D. Teknik Pembuatan Benda Kerajinan Fungsi Hias

Kerajinan Fungsi Hias

Dalam teknik pembuatan benda kerajinan fungsi hias di butuhkan keterampilan khusus serta memahami unsur-unsur dalam pembuatan kerajinan fungsi hias. 

Selain itu, di butuhkan tambahan alat khusus untuk mempermudah dalam pembuatan benda kerajinan fungsi hias berbahan limbah. 



E. Pengemasan Produk Kerajinan Fungsi Hias Dari Bahan Limbah

Kerajinan Fungsi Hias

Pengemasan berfungsi untuk menempatkan suatu hasil produk kerajinan fungsi hias dari bahan limbah agar memudahkan dalam penyimpanan dan pengangkutan. Dari segi promosi wadah atau pembungkus berfungsi sebagai perangsang atau saya tarik pembeli. 

Oleh karena itu bentuk, warna dan dekorasi dari kemasan perlu di diperhatikan dalam perencanaannya. Adanya wadah atau pembungkus dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan, melindungi produk yang ada di dalamnya, melindungi dari bahaya pencemaran serta ganguan fisik(gesekan, benturan, dan getaran) 


Nah itulah sederetan hal yang perlu anda ketahui dalam pembuatan kerajinan fungsi hias. Pembuatan kerajinan fungsi hias sangat membutuhkan keterampilan yang sangat memukau sehingga dapat menjadi daya tarik terhadap pembeli yang akan membeli produk kalian. 


Baca juga:Penghasilan Blog dan Website Dari Raja Traffic-Pendidikanbersama.com


Baca juga: berhubungan intim -3 Rekomendasi Tempat Terbaik Berhubungan Intim

Baca juga:3 faktor eksternal menjadi pemicu penghianatan dalam percintaan


Baca juga: sejarah penemuan virus dan ilmuan pertama penemu virus-pendidikanbersama.com


Baca juga : Anak Di Bawah Umur Jika menginginkan PSK cantik harga murah


Baca juga: 7 jenis virus yang menyebabkan penyakit pada manusia (Cara penularan dan cara pencegahan) 


Baca juga:Perkembangan kolonialisme dan imperialisme bangsa barat-di Indonesia



Post a Comment

0 Comments