Memahami pengertian dan hikmah iman Kepada Kitab Allah

Memahami pengertian dan hikmah iman Kepda Kitab Allah

Pendidikanbersama.com, Assalamualaikum para pencari berita ilmu pengetahuan. Bagaimana kabar kalian? , apakah iman kalian hari ini masi sempurna di jalan Allah SWT? . 

Baiklah, semoga hari-hari kalian bisa berjalan dengan baik dan selalu di lindungi oleh Allah SWT. Kali ini saya akan membahas materi tentang Memahami pengertian dan hikmah iman Kepda Kitab Allah

Iman Kepda Kitab Allah SWT, merupakan Rukun Iman ke tiga, yang wajib di patuhi dan di kerjakan oleh setiap muslim di seluruh dunia. 

Pengertian Iman Kepada Kitab Allah

Apa yang di maksud dengan iman kepada kitab Allah?, Berikut ini pengertian iman kepada Kitab allah

Iman kepada Kitab Allah adalah meyakini sepenuh hati bahwa Allah SWT, telah menurunkan Kitab Suci kepada para utusan Allah (Rasul) untuk Di sampaikan kepada Manusia sebagai pedoman hidup, Sehingga selamat dunia dan di akhirat. 


Baca juga:Manusia Yang Paling Berpengaruh Di Era Modern - Selain Nabi Muhammad SAW


Ada dua hal yang perlu di ingat dalam menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah, yakni iman dan kitab-kitab Allah. Iman artinya yakin dan percaya. Sedangkan kitab-kitab Allah SWT, berarti firman-firman Allah swt, yang di bukukan menjadi sebuah mushaf. 

Dari pengertian tersebut, ada tiga hal yang perlu di mengerti oleh umat islam. 
  • Iman kepada kitab-kitab Allah menjadi bagian dari wilayah yang ada dalam hati atau batin manusia, sehingga beriman atau tidaknya seseorang terhadap kitab-kitab Allah, yang tahu hanya dirinya sendiri dan Allah SWT. 
  • Yang wajib di imani oleh umat islam adalah Kitab samawi saja, artinya Kitab Suci yang datang dari langit atau dari Allah SWT. Sedangkan Kitab Suci yang bukan samawi, artinya bukan datang dari Allah SWT. 
  • Di dalam perintah beriman kepada kitab-kitab Allah SWT. Timbul perbedaan selanjutnya, yakni; antara Kitab suhuf. Kitab berarti kumpulan firman Allah SWT. Yang terbentuk lembaran-lembaran, dan tidak dibukukan, tetapi tetap memiliki kebenaran yang sempurna. Karena suhuf juga merupakan firman dari Allah SWT. 



Hikmah Beriman Kepada Kitab Allah

Setiap melakukan sesuatu yang baik, maka akan memperoleh manfaat. Sebaliknya setiap melakukan sesuatu yang tidak baik, maka akan menerima kerugian. Beriman kepada kitab-kitab Allah SWT,,, termasuk akhlak terpuji, sehingga siapapun melakukan dengan benar akan memperoleh hikmah. 

Diantara hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah SWT, adalah;


a. Hidupnya akan teratur, tertib dan damai

Semua Kitab Suci samawi merupakan firman Allah SWT. Yang berisi aturan. Aturan itu di turunkan oleh Allah SWT. 

Dengan tujuan untuk mengatur kehidupan manusia. Dan aturan Allah SWT ini benar, sehingga siapapun yang sanggup di atur oleh Allah SWT maka hidupnya akan menjadi teratur. 

Setiap keteraturan, akan mendatangkan ketertiban, keselamatan, kedamaian, dan kebahagiaan. 


b. Dapat Meraih keselamatan Hidup Dunia dan Akhirat

Setiap manusia mendambakan keselamatan dunia dan akhirat. Bahkan bagi umat Islam, keselamatan dunia akhirat tersebut selalu di idam-idamkan melalui doa. 

Di dalam doa umat islam meminta kepada Allah SWT, akan kebaikan dunia, dam akhirat serta di jauhkan dari api neraka. 

Idaman tersebut akan tercapai, apabila manusia mengikuti petunjuk dan pedoman hidup yang termuat di dalam Kitab Suci. 


c. Dapat menambah semangat beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT

Allah dengan sifat Pengasih dan Penyayang-Nya, menciptakan manusia di lengkapi dengan petunjuk dan pedoman hidup yang benar dan sempurna. 

Setiap manusia yang mau mengikuti petunjuk dan pedoman hidup secara ikhlas, pasti manusia memperoleh keselamatan, kedamaian, dan kebahagiaan. 

Keadaan ini semakin menambah keimanan umat islam kepada Allah SWT, karena Allah SWT tidak menghendaki hamba-Nya hidup celaka. 

Kalau masi ada manusia yang celaka, karena mereka mengambil jalan hidup yang keluar dari petunjuk dan pedoman hidup dalam Kitab Suci. 


d. Dapat menumbuhkan semangat menghargai terhadap pengikut Kitab Suci lain

Allah SWT, menciptakan manusia dengan segala perbedaan. Perbedaan tersebut menjadikan Allah SWT, menurunkan para nabi dan rasul dengan Kitab sucinya masing-masing. 

Setiap Kitab Suci mengatur secara sempurna tentang hubungan manusia dengan Allah SWT. Dan hubungan manusia dengan sesama manusia. 

Hubungan dengan Allah SWT, caranya berbeda-beda tapi tujuannya sama. Yakni; menyembah hanya semata-mata kepada Allah. 

Hubungan dengan sesama manusia caranya juga sangat beragam, tetapi pada prinsipnya harus tetap menjaga keutuhan dalam persaudaraan. 

Sikap saling mengakui, menghargai, termasuk sikap toleransi yang harus senantiasa di wujudkan. 

Baca juga:Soal jodoh, Islam Masi Tertinggal Jauh dibandingkan Kristen-Aplikasi jodoh Kristen

Nah bagaimana dengan artikel diatas, apa kalian sudah bisa paham tentang manfaat beriman kepada kitab-kitab Allah SWT. 

Ini bisa menjadi landasan bagi diri untuk hidup lebih baik dan selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. 


Post a Comment

0 Comments