Menjadi Kekasih Allah-Apa manfaatnya, ciri-ciri seseorang, dan golongan kekasih Allah

 

Menjadi Kekasih Allah SWT

Pendidikanbersama.com, menjadi kekasih Allah merupakan dambaan setiap musim di dunia ini. Namun hanya orang terpilih yang dapat menjadi kekasih Allah.
Kekasih Allah SWT, dalam Bahasa arab, di sebut waliyullah. Bentuk jamaknya adalah auliya Allah.

Walī (Bahasa Arab:الولي, Wali Allah atau Walīyu 'llāh), dalam bahasa Arab berarti adalah 'seseorang yang dipercaya' atau 'pelindung', makna secara umum menjadi 'Teman Allah' dalam kalimat walīyu 'llāh. Al Qur'an menjelaskan Waliallah memiliki arti orang yang beriman dan bertakwa. “Ingatlah sesungguh wali-wali Allah itu tidak ada kekhawatiran pada mereka dan tidak pula mereka bersedih hati. Yaitu orang-orang yg beriman dan mereka selalu bertakwa.” (Yunus 10:62 - Al-Furqan dalam kitab Majmu’atut Tauhid hal. 339).


Apa Manfaat Menjadi Kekasih Allah

Ketika Allah SWT telah mencintai seseorang, maka seseorang itu pasti akan mempunyai Keistimewaan yang di berikan Allah kepada dirinya. Khususnya seorang muslim yang taat beribadah dan patuh terhadap perintah Allah SWT yaitu mengerjakan apa yang di perintahkan Allah SWT dan menjauhi segala larangan yang di perintahkan oleh Allah SWT, Baik yang tertulis di dalam Al-quran maupun dalam Hadis. 

Apa manfaatnya menjadi kekasih Allah bagi setiap muslim di dunia ini, yaitu sebagai berikut. 

  1. Allah akan membuka pintu Rezeki dan memberikan Rezeki untuknya dari tempat yang tidak terduga. 
  2. Allah akan mengaburkan segala do'a nya. 
  3. Kehadirannya mendatangkan berkah bagi tempat di sekitarnya. 



Ciri-ciri Seseorang Menjadi Kekasih Allah

Allah telah menyebutkan ciri para wali-Nya dalam firmannya, “Ingatlah, sesungguhnya para wali-wali Allah Mereka tidak merasa takut dan tidak pula merasa sedih. Yaitu orang-orang yang beriman lagi bertaqwa”. (Yunus: 62-63). 


Beriman

Keimanan yang dimilikinya tidak dicampuri oleh berbagai bentuk kesyirikan. Keimanan tersebut tidak hanya sekadar pengakuan tetapi keimanan yang mengantarkan kepada bertakwa. Landasan keimanan yang pertama adalah Dua kalimat syahadat. 

Maka orang yang tidak mengucapkan dua kalimat syahadat atau melakukan hal-hal yang membatalkan kalimat tauhid tersebut adalah bukan wali Allah.

 Seperti menjadikan wali sebagai perantara dalam beribadah kepada Allah, atau menganggap bahwa hukum selain Islam adalah sama atau lebih baik dari hukum Islam. Atau berpendapat semua agama adalah benar. 

Atau berkeyakinan bahwa kenabian dan kerasulan tetap ada sampai hari kiamat bahwa Muhammad bukan penutup segala rasul dan nabi.



Bertaqwa

Ia melakukan apa yang diperintah Allah dan menjauhi apa yang dilarang Allah. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits ini yaitu melakukan hal-hal yang diwajibkan agama, ditambah lagi dengan amalan-amalan sunnah. 

Maka oleh sebab itu kalau ada orang yang mengaku sebagai wali, tetapi ia meninggalkan beramal kepada Allah maka ia termasuk pada jenis wali yang kedua yaitu wali setan. Atau melakukan ibadah-ibadah yang tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah dan para sahabatnya. Baik dalam bentuk salat maupun zikir, dll.


Berikut kita akan bahas ciri-ciri menjadi kekasih Allah yaitu,sebagai berikut:

Menjadi kekasih Allah


Contoh  pertama, wali Allah orang yang sangat dekat dengan fakir miskin. Orang seperti itu jika berbuat dosa akan di ampuni oleh Allah SWT. 

Makna dari sangat dekat dengan fakir miskin, yaitu selalu dermawan bersedekah kepada kaum fakir miskin ikhlas karena Allah SWT, bukan semata-mata ingin di akui atau di puji oleh banyak orang. 


Menjadi kekasih Allah


Contoh kedua, wali Allah SWT dari kalangan anak muda yang taat beribadah kapada Allah SWT. 

Maksudnya yaitu seorang Anak muda yang mempersembahkan ketegapan tubuhnya dan masa mudanya hanya berfokus kepada Allah SWT semata-mata. 

Dalam hadis di sebutkan: "Sesungguhnya, makhluk yang paling dicintai Allah adalah anak muda yang belia usianya, tegap tubuhnya, yang mempersembahkan kepemudaan dan ketegapannya untuk taat kepada Allah. Itulah orang yang dibanggakan Allah di hadapan para malaikat-Nya. Dikumpulkannya para malaikat itu, kemudian Allah berfirman: `Inilah hamba-Ku yang sebenarnya'. "

Di sinilah kita bisa belajar di masa sekarang di mana anak muda kita terlalu banyak mengabaikan Allah SWT dan hanya berfokus ke dunia saja tampa memikirkan akhiratnya. 



Golongan Kekasih Allah

Ada dua golongan Kekasih Allah yaitu, Assaabiquun Almuqarrabuun (barisan terdepan dari orang-orang yang dekat dengan Allah) dan Ashaabulyamiin (golongan kanan). 



Assaabiquun Almuqarrabuun (barisan terdepan dari orang-orang yang dekat dengan Allah)

Mereka yang melakukan hal-hal yang mandub (sunnah) serta menjauhi hal-hal yang makruh disamping melakukan hal-hal yang wajib. Sebagaimana lanjutan hadits: "Dan senantiasa seorang hambaku mendekatkan diri kepadaku dengan amalan-amalan sunnah hingga Aku mencintainya."



Ashaabulyamiin (golongan kanan)

Mereka hanya cukup dengan melaksanakan hal-hal yang wajib saja serta menjauhi hal-hal yang diharamkan, tanpa melakukan hal-hal yang mandub atau menjauhi hal-hal yang makruh. Sebagaimana yang disebutkan dalam potongan hadits di atas: “Dan tidaklah seorang hambaku mendekatkan diri kepadaKu dengan sesuatu ibadah yang lebih Aku cintai dari apa yang telah Aku wajibkan kepadanya”.


Dari artikel yang kalian baca di atas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa menjadi kekasih Allah bukan hal mudah untuk di lakukan, tetapi merupakan hal yang patut di lakukan karena Allah pasti akan menepati janjinya. 

Saya sendiri pun, mungkin belum termasuk ke dalam golongan atau ciri-ciri seseorang yang menjadi kekasih Allah di karenakan saya pribadi masi terlalu memiliki kehidupan dunia ini. 


Baca juga:Penghasilan Blog dan Website Dari Raja Traffic-Pendidikanbersama.com


Baca juga:Kerajinan Fungsi Hias-Bahan Limbah, Unsur-unsur, ragam hias dan teknik pembuatan


Baca juga: berhubungan intim -3 Rekomendasi Tempat Terbaik Berhubungan Intim

Baca juga:3 faktor eksternal menjadi pemicu penghianatan dalam percintaan


Baca juga: sejarah penemuan virus dan ilmuan pertama penemu virus-pendidikanbersama.com


Baca juga : Anak Di Bawah Umur Jika menginginkan PSK cantik harga murah


Baca juga: 7 jenis virus yang menyebabkan penyakit pada manusia (Cara penularan dan cara pencegahan) 


Baca juga:Perkembangan kolonialisme dan imperialisme bangsa barat-di Indonesia

Post a Comment

0 Comments